Minggu, 22 September 2013

Kabar Duka itu...


Cerita 2 # Mengenang Allahu Yarham Mba Mus 

Siang yang cukup panas, tapi tetap terasa sejuk di kota apel ini. Siang itu, saat aku masih istirahat di sekolah, aku coba membuka fb, kulihat ada pesan di inbox, lalu aku membukanya. 
“Aslmkm. Mba, mohon doa untuk kesembuhan mba Mus”, agak kaget aku membacanya, karena beberapa minggu yang lalunya aku masih saling koment-koment an di status. Benarkah mba mus sedang sakit, sakit apa? setelah ku tanyakan, hemm sakitnya tidak main-main (ups,sakit kok main-main).
”Kanker otak”..hah yang bener saja, rasanya kok aku belum percaya, tapi perasaan itu terus membayangiku.

Beberapa hari kemudian, ibuku memberitahuku bahwa putranya guruku juga mengalami hal yang sama. Sedih juga mendengarnya, jadi pingin tahu tentang penyakit ini. Sebenarnya dijaman sekarang sudah bukan hal yang mengagetkan penyakit aneh-aneh bersliweran disekitar kita, tapi bagiku kalau yang mengalami itu teman, kan jadi kepikiran, sebenarnya apa sih penyebab kanker otak itu. 

Banyak penyebab adanya penyakit dalam diri setiap manusia, bisa karena factor gen, psikis, lingkungan yang tercemar, banyaknya polusi udara,air dan tanah atau dari makanan. Dan seperti yang kita ketahui, bahwa makanan yang ada disekitar kita itu banyak yang kurang bagus untuk kesehatan. 
Ada banyak campuran yang sudah tidak murni lagi, dalam banyak makanan sudah banyak mengandung zat-zat  pewarna;pemutih, perasa;pemanis, pengawet, pengenyal, pelembut, pengembang. Belum lagi makanan yang mengandung kolesterol,baik kolesterol baik dan jahat. Dan ternyata kolesterol  jahat itulah yang menyuburkan pertumbuhan glioblastoma, jenis tumor otak paling umum, sebagaimana hormon mendorong pertumbuhan kanker payudara dan prostat. Glioblastoma itu merupakan tumor yang paling agresif dan sulit untuk diobati. Pasien yang mengidapnya, rata-rata sanggup bertahan 15 bulan setelah didiagnosa. 

Menurut laporan dalam suatu penelitian yang ditulis jurnal Cancer Discovery, sembilan puluh persen pertumbuhan glioblastoma berhubungan dengan kolesterol. Sel-sel tumor itu sepertinya diprogram untuk menyedot LDL atau kolesterol jahat yang terdapat dalam tubuh. Sehingga pertumbuhan tumor itu pun semakin cepat. Dan hasil penelitiannya menunjukkan pertumbuhan tumor tergantung pada jumlah kolesterol yang ada dalam tubuh untuk hidup dan terus membesar.

Saat mengetahui aneka macamnya penyakit sekarang, seakan ingin hidup seperti jaman dulu, semua serba alami, yang tidak membahayakan kesehatan meski kadang sulit mendapatkan dan saat memakannyapun rasanya berat karena tidak ada campuran bumbu yang mengundang selera lidah, ahhh…kalau menuruti nafsu perut, tidak ada habisnya..semua kepingin yang enak-enak, lidah hanya sekedar tempat. Itu pendapat yang sadar akan kesehatan. Dan anak-anak perlu dibiasakan makan-makan yang alami, setuju?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !